Profil

Sekolah Ibnu 'Abbas Kota Bekasi merupakan lembaga pendidikan Islam dengan konsep Belajar-Mengajar Learn To Be, Learn To Know, Learn To Do and Learn To Live Together yang diaplikasikan secara nyata berdasarkan tuntunan AlQuran dan Sunnah Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam.


Dalam mengejawantahkan konsep Belajar-Mengajar tersebut Sekolah Ibnu 'Abbas Kota Bekasi menargetkan perkembangan potensi diri anak pada 3 hal:
  1. Membangun budaya belajar
  2. Membangun keterampilan belajar
  3. Membangun keterampilan manajemen diri 
Membangun budaya belajar artinya merangsang daya inisiatif anak untuk belajar kapanpun dimanapun dalam situasi apapun dari hal apapun.

Membangun keterampilan belajar artinya memupuk daya kreatif dan inovatif untuk menjadi pembelajar yang mandiri.

Membangun keterampilan manajemen diri artinya memunculkan kesadaran anak bahwa mereka mampu bertumbuh dan berkembang pada bakat dan minat yang mereka sukai selama tidak bertentangan dengan ajaran Islam yang diajarkan Rasulullah Shallalahu 'alaihi wasallam, hal tersebut dapat mereka lakukan secara optimal apabila mereka mengerti dan sadar betul tentang diri mereka sendiri secara fisik, mental, emosional dan kepribadian.

Sekolah Ibnu 'Abbas Kota Bekasi merancang sistem pembelajaran yang mengakomodasi hal-hal tersebut dengan serangkaian kurikulum, metode, strategi dan pendekatan terbaik yang dibangun berdasarkan riset-riset terkemuka nan mutakhir dalam bidang pendidikan Islam dan psikologi anak.

Dengan sistem pendidikan yang begitu terstruktur tersebut, terwujudlah pendidikan holistik (menyeluruh, totalitas) bagi anak-anak kaum muslimin yang diharapkan akan menjadi generasi emas umat Islam pada masa yang akan datang, menjadi manusia yang akar hidupnya adalah taqwa dan buah ilmunya adalah guna, taqwanya berasaskan aqidah tauhid dan nilai guna hidupnya berasaskan ilmu yang bermanfaat, sehingga pada akhirnya mampu memberikan sumbangsih nyata bagi peradaban bangsa dan negara Indonesia.


Pendidikan holistik yang dimaksud adalah:
  • Spiritual: (Aqidah, Ibadah, Mu'amalah, Akhlaqul Kariimah)
  • Soul: Kesehatan dan kesejahteraan mental, Islamic Character Building,  Altruism, Religius
  • Body: Tumbuh secara sehat dan kuat
  • Mind: Kreatif, Inovatif, Intuitif, Logis, Higher Order Thinking Skills (H.O.T.S.)
Sekolah Ibnu Abbas Kota Bekasi juga merancang struktur pembelajaran Al-Quran dengan target-target terukur dan sistematis bertahap sebagai berikut:

KLS

SMSTR

TATAP MUKA

(menit)

PROGRAM TAHSINUT TILAWAH

MATERI HAFALAN (TAHFIDZH)

MATERI

HAL. / JUZ / JILID

I

1

90”

IQRO’

1-6

AL FATIHAH, AN NAAS s/d AZ ZALZALAH

90”

IQRO’

1-6

AL BAYYINAH s/d ADH DHUHA

2

90”

TADARUS

JUZ 1

AL LAIL s/d AL BALAD

90”

TADARUS

JUZ 2

AL FAJR s/d AL GHOSYIYYAH

II

1

90”

TADARUS

JUZ 3

AL A'LAA s/d AL INSYIQOQ

90”

TADARUS

JUZ 4

AL MUTHAFFIFIN s/d AL INFITHAR

2

90”

TADARUS

JUZ 5

AT TAKWIIR s/d AN NABA'

III

1

90"

TEORI DAN PRAKTEK

TAJWID MELALUI TADARUS

JUZ 6 - 15

AL MURSALAT, AL INSAN, AL QIYAMAH, AL MUDDATSTSIR, AL MUZZAMMIL

2

90"

TEORI DAN PRAKTEK

TAJWID MELALUITADARUS

JUZ 16 -30

AL JIN, NUH, AL MA'ARIJ, AL HAQQAH, AL QOLAM, AL MULK

IV

1

90"

HAFALAN JUZ 28

2

90"

Lanjutan HAFALAN JUZ 28 DAN HAFALAN JUZ 27

V

1

90"

HAFALAN JUZ 26 DAN MUROJAAH JUZ 26, 27, 28, 29, 30

2

90"

Lanjutan HAFALAN JUZ 26 DAN HAFALAN JUZ 1

VI

1

90"

Lanjutan HAFALAN JUZ 1 DAN MUROJA'AH HAFALAN 5 JUZ

2

90"

MUROJA'AH HAFALAN 6 JUZ, UJIAN KOMPREHENSIF 6 JUZ DAN WISUDA


untuk merealisasikan dan mengaplikasikan konsep pendidikan seperti yang telah diuraikan diatas tentunya membutuhkan individu-individu yang memiliki kompetensi terbaik dalam sebuah tim pendidik yang profesional, berwawasan, terlatih dan berpengalaman sebagai berikut:


KEPALA SEKOLAH
Ardi Kusuma Putra
  • Alumni Studi Islam & Bahasa Arab, Ma'had 'Aly Imam Syafi'i Cilacap, Jawa Tengah
  • Alumni Islam Academy, Program Ushuluddin, Riyadh, KSA
  • Alumni Zad Academy di bawah asuhan Syaikh Muhammad Salih al-Munajjid -Hafidzhahullah-, Islamic Studies Programme, Jeddah, KSA
  • S1 Pendidikan Islam, Institut Agama Islam al-Aqidah, Jakarta (S.PdI.)
  • S1 Ilmu Syari'ah, al-Imam Muhammad bin Saud Islamic University, Riyadh, KSA (B.Sh./Lc.)
  • Mahasiswa S1 Psikologi, Universitas Tama Jagakarsa, Jakarta
  • Mahasiswa S1 Ilmu Perpustakan dan Sains Informasi, Universitas Terbuka, Tangerang Selatan
  • Kandidat Magister, S2 Manajemen Pendidikan Islam, Konsentrasi Manj. Pendidikan AlQuran, Institut PTIQ, Jakarta
  • Mahasiswa S2 Sains Psikologi, Konsentrasi Psikologi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Mahasiswa S2 Ekonomi Syari'ah, Konsentrasi Manajemen Bisnis Islam, Institut Tazkia, Bogor
  • Diplomas of Islamic Sciences, Akademi Balda Thoyyiba, Yaman (https://www.baldatayiba.com/)


STAFF PENDIDIK INTI

1. Ust. Abu Umar Hanif Ardi Kusuma P.
  • Conceptor of Islamic Holistic Education & Islamic Character Building

    2. Ummu Sahla Yovita Tyas P., S.Pd.I.
    • S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar

    3. Ummu Nafisah Ikke R. Puspitasari, S.S.
    • D2 Studi Islam & Bahasa Arab, Ma'had Dzin Nurain, Jakarta
    • S1 Bahasa dan Sastra Arab
    • Mahasiswi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Terbuka, Tangerang Selatan

    SAINS dan ADAB ISLAM

    SAINS dan ADAB ISLAM
    >>> KLIK GAMBAR>>> Islam tidak anti Sains, Islam satu-satunya agama yang menjunjung tinggi ilmu pengetahuan, Ust. Abu Ihsan Al-Atsary Al-Maidani -Hafidzhahullah- menguraikann dengan lugas mengenai keutamaan Ilmu Pengetahuan dalam Islam dan batasan-batasannya dalam kajian ini.

    Al-Quran dan Sains

    Al-Quran dan Sains
    >>> KLIK GAMBAR >>> Ust. Ali Ahmad -Hafidzhahullah- . SAINS tidak bertentangan dengan Al-Quran, Al-Quran pun tak menafikan Sains. Sains akan selalu relevan dengan Al-Quran. Tidak akan pernah bertentangan kandungan Al-Quran dengan Sains bagi akal yang sehat dan jujur.